Jumat, 15 Agustus 2014

Kisah Inspiratif

PELAJARAN DARI SEEKOR KUPU-KUPU


Suatu hari pada saat sebuah lubang kecil timbul di salah satu kepompong, seorang pria duduk dan memperhatikan bagaimana seekor bayi kupu-kupu berjam jam berjuang memaksa mengeluarkan badannya melalui lubang tersebut. Akan tetapi kemudian, proses tersebut berhenti tanpa ada kemajuan lebih lanjut. Tampaknya sudah sekuat tenaga dan bayi kupu-kupu tidak bisa bergerak lebih lanjut lagi. Sehingga pada akhirnya pria tersebut memutuskan untuk menolong kupu-kupu itu dan segera dia mengambil sebuah gunting kecil, lalu membantu memotong kepompong agar kupu-kupu bisa segera keluar dari sana. Dan kupu-kupu tersebut akhirnya bisa keluar dengan mudah, walau dengan tubuh yang lemah, kecil, dan sayap yang mengkerut. Sang Pria terus mengamatinya dengan berharap bahwa, suatu saat sayapnya akan terbuka, membesar dan berkembang agar bisa menyangga tubuhnya dan menjadi kuat. Ternyata tidak terjadi apa-apa???? Dan kupu-kupu tersebut menghabiskan sisa waktu hidupnya dengan merangkak beserta tubuhnya yang lemah dan sayap yang mengkerut tidak bisa terbang. Ternyata Pria yang baik dan penolong ini tidak mengerti bahwa kepompong yang menjerat maupun perjuangan yang dibutuhkan oleh kupu-kupu untuk dapat LOLOS dari lubang kecil itu, adalah cara Alloh Swt untuk mendorong cairan tubuh dari kupu-kupu ke sayapnya, agar kuat dan siap untuk terbang sewaktu-waktu setelah bebas dari kepompongnya nanti. Perjuangan mutlak dibutuhkan dalam menjalani kehidupan ini. Apabila Alloh Swt membolehkan kita hidup tanpa hambatan, itu hanya akan membuat kita lemah, kita tidak akan sekuat ini. Tidak pernah bisa sesukses ini. Kita memohon diberi kekuatan dan Alloh Swt memberikan kesulitan agar kita kuat. 
Kita memohon agar menjadi bijaksana dan Alloh Swt memberi kita masalah untuk diselesaikan. 
Kita memohon kekayaan dan Alloh Swt memberi kita bakat, waktu, kesehatan, dan peluang. 
Kita memohon keberanian dan Alloh Swt memberikan hambatan untuk dilewati. 
Kita memohon rasa cinta dan Alloh Swt memberikan orang-orang bermasalah untuk dibantu. 
Kita memohon kelebihan dan Alloh Swt memberi kita jalan untuk menemukannya. 
"Kita tidak menerima apapun yang kita minta, akan tetapi kita menerima semua yang kita butuhkan". Hiduplah dengan keberanian, hadapi semua hambatan, dan tunjukan bahwa kita mampu mengatasinya. Usahakanlah sekuat tenaga untuk menemukan Bakat kita, luangkan waktu belajar untuk menambah pengetahuan dan keterampilan kita. Jaga kesehatan, gunakan waktu hanya untuk kegiatan yang berkaitan dengan tugas kita. Dan banyak-banyaklah berdoa agar ditunjukan jalan yang benar dalam menemukan peluang, perluas jaringan, dan jangan bosan-bosannya BERUSAHA.

Refleksi :

Kadangkala niat baik kita belum tentu menghasilkan sesuatu yang baik. Sama seperti pada saat kita mengajar anak kita atau adik kita. Kadangkala kita sering membantu mereka karena kasihan/rasa sayang, tapi sebenarnya malah membuat mereka tidak mandiri. Membuat potensi dalam dirinya tidak berkembang. Mematikan kreativitas, karena kita tidak tega melihat mereka mengalami
kesulitan, yang sebenarnya jika mereka berhasil melewatinya, mereka justru menjadi KUAT.

Demikian juga pada saat kita sedang harus berjuang menghadapi sesuatu, jangan mengharapkan bantuan orang lain. Berjuanglah terlebih dahulu dengan mengerahkan segala kemampuan yang kita miliki, karena justru itu akan membuat kita tegak berdiri dan kuat..!!

Hidup penuh dengan PERJUANGAN yang harus kita lewati, supaya “SAYAP” kita bisa terbuka, membesar, dan berkembang dengan sempurna, untuk kita pakai “TERBANG” melewati masalah dalam perjalanan hidup kita.

Semoga bermanfaat.

By : Ahmad subandi

Tidak ada komentar: